Kelingkit Taiwan  untuk Kesehatan

Kelingkit Taiwan  untuk Kesehatan

Kelingkit Taiwan  untuk Kesehatan,– Kelingkit taiwan merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Malpighia Coccigera Linn yang temasuk ke dalam salah satu golongan familia Malpighiaceae. Tanaman kelingkit taiwan sendiri pertama kali ditemukan seorang ilmuan yang berasal dari Itali yaitu Marcello Malpighi (1628-1693). Tanaman ini berasal dari Hindia Barat, yang sering dijadikan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar.

Kelingkit taiwan juga mampu tumbuh subur pada segala jenis tanah terutama pada tanah liat. Perdu ini mampu beradaptasi dengan baik pada ketinggian yang tidak lebih dari 800 mdpl. Tanaman ini sendiri termasuk ke dalam jenis tanaman perdu karena memiliki ukuran yang kecil dengan ketinggian sekitar 50-250 cm. Serta memiliki percabangan yang lurus dan menjulur sehingga tanaman ini terlihat rimbun dan penuh.

Helaian daunnya terletak berhadapan dengan permukaan yang mengkilap dan berwarna hijau tua. Bentuknya sendiri ialah oval dengan bagian tepi yang dipenuhi dengan gerigi. Bunga tunggalnya keluar dari ketiak daun berwarna putih pucat. Buahnya memiliki tekstur yang keras dengan diameter sekitar 1 cm serta berwarna merah. Serta memiliki biji yang memiliki warna merah senada.

Baca juga: Obat Pengering Luka Herbal Jombang

Perbanyakan dari tanaman kelingkit taiwan ini dilakukan dengan cara vegetatif atau stek batang. Selain untuk tanaman hias dan kerap kali dijadikan sebagai tanaman pagar hidup, tanaman ini juga ternyata telah terbukti dapat dijadikan sebagai tanaman obat herbal yang memiliki khasiat yang cukup baik. Bagian pemanfaatan dari tanaman kelingkit taiwan ini ada pada bagian akar dan juga daunnya.

Adapun manfaat dari tanaman kelingkit taiwan untuk mengatasi beberapa gejala penyakit ialah dapat membantu :

  • Menghentikan muntah pada saat ada gangguan pada lambung
  • Mengobati lidah yang kaku dan sukar untuk bicara
  • Meringankan rasa sakit pada reumatik
  • Menghilangkan gelisah dan juga insomnia
  • Mengobati radang hati (hepatitis)
  • Mempercepat pengobatan borokan dan bisulan, serta
  • Memberikan efek dingin pada tubuh (menurunkan demam).

Cara pengolahan tanaman kelingkit taiwan untuk beberapa masalah diatas bisa dengan mengonsumsi bagian daun atau akar  yang telah di cuci bersih dalam keadaan segar. Atau bisa pula dengan membuat air rebusan dari ke dua bagian tanaman kelingkit taiwan tersebut. Sedangkan untuk bagian luar seperti untuk mengatasi bisulan kita hanya perlu menumbuk beberapa helaian daun yang telah di cuci bersih lalu di tempelkan pada bagian kulit yang sedang mengalami infeksi tersebut.

Terimakasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca mengenai tanaman kelingkit taiwan dan juga manfaatnya.

Sumber: http://www.kesehatantubuhku.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top